20100722

Apa Arti Perdamaian

Apa Arti Perdamain
Share
Catatan ini saya buat untuk seorang sahabat yang bertanya pada saya "apa arti perdamain buat lili?" untuk memaknai kata perdamain tidaklah mudah. Saya cukup banyak membaca buku tapi buku dengan topik perdamaian hingga saat ini masih saya hindari. mengapa? karena saya merasa apa yang ditulis disana tentang apa itu perdamain, bagaimana perdamaian itu harus tercipta untuk sekarang ini seolah hanya sebuah teori kehidupan. Tent... [tulis seorang teman baik saya di pati jawa tengah melalui notes Facebookny]


Comment kami:

Saat saya mendengar kata perdamaian saya ingat: konflik, perbedaan, toleransi, ...

terlahir, tumbuh dan berkembang manusia dengan perbedaan segala ilmu dan pengetahuannya beserta latar belakangnya.

tercipta keanekaragaman penilaian dalam multikulturalism, perbedaan persepsi, perbedaan kepentingan.

yang diawali pada jaman primitif dengan hukum rimba yang hingga saat ini dianggap segalannya. sekalipun dalam bentuk yang lebih modern (red. uang, AK47, nuklir, dll).

hanya masalah-masalah yang dianggap melanggar/bersinggungan dengan EKSISTENSI diri/ kelompok/ negaraLah yang menjadi pemicunya. eksistensi untuk hari ini, esok atau akan datang dan salamannyaaaaa,,, agar bisa bertahan hidup.

perdamaian tercipta:
1. seharusnya diawali pada jaman modern.
2. semuannya mengalami proses yang sama saat lahir, tumbuh dan berkembang dengan induk yang sama.
3. matinya unsur budaya [harga diri] dan matinya status gender [aku lelaki kamu perempuan].
4. kesadaran diri [akal].
5. tegaknya nilai2 keadilan dari pemimpin.

diluar itu tidak akan pernah ada perdamaiannya bila memperkarakan perdamaian sedang tidak ada ideologi yang dapat menjadi satu dengan ideologi lainnya. yang ada hanya kita bicara dan menceritakan perdamaiann dari sudut pandang masing2.

perdamaian adalah membiarkan masalah jika tidak mampu dan menjadikan mengalah bila mampu.

ntah seolah-olah tuhan memang menghendaki jalan bukan perdamaian sebagai ujian bagai umatnya...

jika masih terus terjadi tanpa perdamaian maka? mintalah petunjuk keadilan & kebenaran pada ahlinya untuk membuktikan mana yang benar & salah. selebihnya lagi, bersabarLah....

2 komentar:

fatan Damai mengatakan...

Indahnya perdamaian dan persaudaraan sering tak tanpak karena keserakahan. Informasi ini sangat berguna... Numpang share ya...

fatan Damai mengatakan...

Indahnya perdamaian dan persaudaraan sering tak tanpak karena keserakahan. Informasi ini sangat berguna... Numpang share ya...

Powered By Blogger