20081021

SMAN 3 SURABAYA DIANTARA BANYAK LASKAR PELANGI

19 Oktober 2008,
dengan mengenakan atasan kaos oblong warna item belakangnya bertuliskan Jakarta Jam's 2008 dan depanya bertuliskan Simple Plan warna emas dengan ukuran kecil, celeanannya... celana robek dengan tambalan plester luka dibelakang pantat yang dari kemarin belum di cuci (gak tahu udah seminggu atau 3 minggu yach! habis enak dipakai kemana-mana!) dan sandalnya peke sandal gunung bermerk Batta (rencanannya sandal jepit terkenal dan luxury bermerk Swallow). datanglah aku ke Reuni SMAN 3 Surabaya untuk angkatan 2001 angkatan 2000 gak tau! pastinya aku angkatan 2002, dengan Vespa ungu telur tahun 1972 lengkap dengan helemnya akupun berangkat... nggrrengggggnnngggg.....nggrrengggggnnngggg.....uthuk! uthuk! uthuk!... (dari suaranya sebenarnya kurang sedikit! sekitar kurang 99, 9% menyamai sura Be eM double yU)
.
setelah sampai sana parkir tuch vespa diantara beberapa mobil anak jaman sekarang dan beberapa sepeda motor. ku lihat ada banyak perubahan yang terjadi disana sini. bangunan (proyek) baru (udah ditingkat bo!) tapi tetap dengan corak budaya lama yang masih meninggalkan ciri khas guru dan gaya penyampaian yang unik dan tidak bisa ditemui di sekolahan manapun. itu yang saya rasakan setelah berbicara dengan beberapa guru terbaik saya.
.
disana saya juga menemukan banyak perubahan pada teman saya:
ada banyak gaya perbedaan remaja dan dewasa awal. dulu bicaranya agresif (^&*%! &$^!!! %$%$) sekarang ditata jadinya ringan dan smooth. ada beberapa diantaranya tidak sadar mengeluarkan bahasa ilmiah dan logika yang cukup rumit sesekali keluar begitu saja pada mulut mereka dengan pembawaan dialetika asik mereka! yup temen cewek saya! (lupa namanya!).

Dulu rambutnya (itu-itu aja!) sekarang berwarna, dulu badannya sekian meter sekarang beberapa meter termasuk diri saya banyak juga yang terkejut, dan ada lagi yang kekar karena rutin ikut gym sebenarnya tinggal salah mikir jadinya gigolo/homo (he9x), dulunya pacaran putusnyambung-putusnyambung sekarang! eh.. udah nikah. dulu dikulitnya mulus sekarang bertatoo dan mulusss.., dulu gemuk sekarang langsing, dulu pendek pas ikut ekskul basket sekarang masih tetep eksis dengan kependekannya. yup! banyak ditemukan orientasi dari tingkah laku mereka!. simplenya seputar pekerjaan, sexs, dan hidup berkeluargaaaa...
.
ada banyak gaya orientasi setiap individu bagi kami "aku laki-laki dan kamu wanita maka aku ingin mendapatkanmu" itu adalah urusan pribadi masing-masing dan bahkan tidak terlihat sama sekali aksi menggoda secara aklamasi, paling mentok curi-curi pandang/deket-deket gitoch!. neh yang curi-curi pandang gak aku demen???. "kamu nyuri, aku lihat, kamunya malu dan salting, akunya gak ngelihat lagi. kamunya mikir aneh-eneh." akh sutralahhhh... asal kamu tahu aku gak cukup berbekal dari keadaan ini semua?!.
.
tapi yang paling seru dalam komunitas kecil kelompok diantara banyak orang, kami sesekali menghibur diri dengan mengatakan beberapa hal yang tidak etis diperdengarkan karena memang sarkis dan cukup sedikit interfensi nilai-nilai sosial yang sebenarnya gak penting bagi sekumpulan laki-laki tapi dengan gaya etika yang khas dan berkelas (gak keras amat! gak pelan amat! intinya menjaga gelombang suara jangan sampai ketetangga lainya). dari yang mulai sederhana "j*&*k si A (cewek) kelihatan tataoonya? di itunya???", "mbok semirnya kerennnn...", "pengen cepet-cepet pulang aja???" Dia tuch udah berubah lebih cantik yah padahal waktu dulu yang *^&*" dan sampai pada pembicaraan yang paling ekstrem (don't ask this forums!).
kata yang paling banyak diperdengarkan adalah "bagaimana kabarmu?"; "kamu udah menikah belom?!", "punya anak berapa?" yang memang kelihatan dari bentuk fisik mereka dan berakhir pada masalah pekerjaan. ada yang di BUMN, BUMS, CS, CC, dll dan laskar pelangi bungets atau menunggu panggilan seperti saya?!. kalau tukar no.hp tuch sebenarnya ada sedikit pembawaan kelas jadinya "elo butuh, elo minta!. selesai!." tapi jelas donk kan udah ada pas pendaftaran reuni.
.
tapi yang saya rasakan dengan reuni-reuni yang saya alami:
~saya dulu bertengkar dan hidung saya patah dan gobloknya setengah mati. Sekarang? yah gini yah kayak gini! pengagguran.
~dia dulu pemoeda harapan bangsa gemah lipah lho jinawi tapi sekarang???
~dia dulu nakalnya setengah mati, sekarang????
~dia dulu playBoy tjap kadal, sekarang?
sebuah harapan laskar pelangi yang terjatuh gara-gara narkoba!, salah asuhan, kebobolan (goblok!), salah nasib!.salah bla-bla-bla!, bla-bla-bla!, dan bla-bla-bla!. salah satunya saya diantara mereka!. disisi lain Laskar Pelangi itu ada untuk membangkitkan sekolahan: "we just see!"
.
Hormat Saya Pada Guru-Guru Terbaik Saya!
.
_________________________________________________________________________
Diluar itu semua tidakkah kita tahu?
Arah pola didik orangtua yang sebenarnya tidak disangka-sangka!.
Keadaan memang sulit untuk ditebak!
.
Memberikan penilaian dalam kondisi waktu lalu (sejarah) tidak menjamin keabsolutan sebuah penilaian akan datang. ku sadari nasib setiap orang berbeda-beda dan allah tidak akan merubah suatu kaum jika kaum itu tidak mau berubah.
Apa yang kupikirkan, kelak berkeluarga dan mempunyai anak:
1. suara hati (jika belajar dari S. Freud) yang banyak dan banyak kuberikan pada anak saya.
2. dalam keadaan tertentu tidak menghukum berlebihan jika anak saya salah. Biarkan Indonesia ada dalam keadaan dampak kebijakan ekonomi makronya hanya ada di dalam sekolah yang mengakibatkan tindakan treatment yang sama pada semuannya. Yah! paling tidak dianggap hidup bermasyarakat sudah lebih dari cukup.
.
Selebihnya sistem pendidikan berbasis 'dengarkan Ayahmu!!!': "jangan pernah mengatakan gagal jika kamu belum berusaha, kamu gagal! aku ajari, kamu bisa! aku biarkan; kamu salah aku marah dan aku bicarakan apa salahmu dan mengertilah aku ayahmu; kamu kalah, kamu tak hajar; kamu menang kamu tak belikan mainan; kamu minta aku beri dan usahakan, kamu gak minta gak aku beri dan gak aku usahakan; kamu sudah besar, udah gede. kamu dan semua tanggungjawabmu!, dan aku udah gak mau ikut campur ^_~"F*ck Kids???" dan sekarang buatkan aku cucu???". apa kamu bilang barusan ^_~"F*ck Dad?!."...Ohhh... engga????".
.
^_^Ha9x
.
Tapi... yang asik! memang hanya ceritanya!. bagaimana saya bercerita dan mengingat masa-masa SMA dengan calon pacar, calon istri. so sweet...
____________________________________________________________________
Bang! Sebenarnye ini 'kabeh' seharusnya ada 'nang' dialektika 'Suroboyoan' Bang!
Powered By Blogger