20080925

MENYOAL PENDEKATAN SCIENCE APPROACH UMAT BERAGAMA



FENOMENA RELIGIOUS APPROACH
kita tahu dalam kepluralistikan beragama baik agama itu sendiri atau perbedaan beragama banyak dijumpai banyak hal baik kesamaan dan kontradiktif. salah satunya adalah masalah aliran yang notabene adalah bentuk tradisi yang sejak lama berkembang dan diyakini kebenarannya.

terlepas dari nilai-nilai relatifism sebagai bagaian dari masyarakat modern tentu banyak pula dihadapkan pada kenyataan dan pendidikan yang berkembang selama ini salah satunya adalah ditemukannnya metode ilmiah. metode ilmiah ini dianggap mampu memecahkan permasalahan kebenaran.

FENOMENA SCIENCE APPROACH
banyak fenomena yang kita lihat di sejumlah blogger atau mailing list, bulletin, dll. diantaranya mencoba untuk meingilmiahkan apa yang ada dalam kepercayaan mereka berdasarkan kebutuhan masyarakat modern artinya juga diantaranya mencoba menjawab atas kebutuhan masyarakat modern untuk meyakinkan makna-makna atau nilai-nilai yang terkandung dalam agama mereka adalah benar secara ilmiah dan riil, baik yang mungkin oleh orang-pihak-lain adalah trancendently/bukan atau benar-benar 'ada' bahkan mungkin ada 'mengada-ada'.

secara subtancy semuanya sama, hanya saja perbedaan "sense" orang berbeda-beda dalam penyikapannya. hanya "sense" terdekat dan dianggap mampu untuk diilmiahkan saja yang mempengaruhi keseluruhan. baik sebagaian sebagai objek kajian atau keseluruhan dari ajaran suatu agama. begitu juga dengan aliran dalam suatu agama.
jadi, untuk menjawab masalah keyakinan berdasarkan hati/perasaan ini mungkin jawabanya.