20080922

MENYOAL "BIJAKKAH KITA MELIHAT KEBENARAN ILMU?"

April 22, 2008
BIJAKKAH KITA MELIHAT KEBENARAN ILMU?
Filed under: Wacana — admin @ 11:24 am 

Oleh: Khaerudin pada http://www.ilmupendidikan.net/?p=6#comment-12
kami berkomentar

______________________________________________________________________

KAMI JUGA MENEMUKAN:

1. seperti pembahasan antara kualitatif atau kuantitatif disana kami menemukan hal yang sama!
keduanya saling bertengkar kami melihatnya seharusnya kualitatif sadar "manusia itu pada dasarnya perkembangannya sama" dan kuantitatif sadar "kekompleksan harusnya ada". yup! keduanya saya yakini hanya masalah efektifisasi (generalisasi) dan indikator terperinci. kami sendiri juga kesulitan masalah yang satu ini! tapi setidaknya kami menguruni.

2. banyak perbedaan simpulan seperti pendekatan psikologi (baca:teori), pada akhirnya semuanya adalah benar merujuk pada kesejahteraan manusia.
seperti jenis treatmen apa yang digunakan? yang dipengaruhi kebaran subjektif apa yang selama ini dipelajari (fokus). semua perbedaan pendekatan psikologi itu tentu tidak terlepas dari kekurangan dan kelebihan jika semua teori diperkarakan. setidaknya masih aja kebijakan dengan melihat subjek permasalahan berdasarkan kebutuhan mereka dan efisiensi dan efektifitas jenis gangguan apa yang dihadapi oleh klien.

jangan-jangan yang ada adalah bukan relatifisme tapi terjebak pada keegoisan diri manusia tanpa melihat kebutuhan manusia yang lain. seperti kita melihat beberapa teman kita belajar terlalu banyak dan terjebak pada teori dan bla...bla...blanya sehingga mengaggap manusia adalah bagaian dari paradigma teori.

setidaknya saya membawa ke arah pragmatism manusia?!.
dan setidaknya jika kita meemikirkan berapa pahala yang kita dapat hari ini bahkan detik ini adalah suatu yang relatif absurd.

diluar itu semua ada permainan "politik" dimana ada kesimpulan yang seharusnya bisa diobjektifkan dengan temuan-temuan yang lain dalam satu arah visi dan misi yang sama dan arif.
bukankah pendekatan dalam studi PSK (pekerja seks komersil) masing-masing bisang ekonomi, sosial, bisaya dan agama memiliki cara pandang yang berbeda????.

dan diluar itu semua "pemimpin" yang mengendalikan banyak hal.




salam dan hormat kami


  ^_^sarden