20080923

HUBUNGAN FILSAFAT DAN PSIKOLOGI


udah dapet sich konsepnya! "untuk sementara hanya judul! kami kecapean. lihat aja tanggal dan waktunya di bawah???". masalahnya cukup banyak yang kurang nyadar dengan kepberadaan mata kulau filsafat, bahkan dijadikan momok menggilakan ("gendeng-gendeng") . asalamamualaikum... selamat berbuka, sehur dan Idul fitri!.
_______________________________________________________________________________________
LANJUT:

dengan melihat Ciri-ciri Berpikir Filsafat:
Radikal; sampai ke akar persoalan
Kritis; tanggap thd persoalan yg berkembang
Rasional; sejauh dpt dijangkau akal mns
Reflektif; mencerminkan pengalaman pribadi.
Konseptual; hasil konstruksi pemikiran
Koheren; runtut, berurutan.
Konsisten; berpikir lurus/tdk berlawanan.
Sistematis; saling berkaitan.
Metodis; ada cara utk memperoleh kebenaran.
Komprehensif; menyeluruh Bebas & bertanggungjawab

tidakkah kita melihat bahwa subjek kajian psikologi adalah manusia. kita menangkap manusia tidak hanya melalui proses pengindraan: mata untuk melihat, telinga untuk mendengar, dan bla-bla-bla dan pada akhirnya kita tahu dan menangkap (persepsi) apa itu manusia? punya mata, punya telinga, berfikir, punya emosi, dll berdasarkan gambaran (persepsi) sederhana yang kita pelajari secara awam tanpa harus mengkritisi apa yang terjadi dengan sensasi mengenai pengindraan.
diluar itu dalam ranah psikologi itu sendiri mempelajari tingkah laku manusia. bicara mengenai tingkah laku manusia banyak pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari aksi/penilaian pengindraan kita: "bagaimana dia bisa seperti itu?" bagaimnana sebab-sebabnya?, pencegahannya", ? dan bla-bla-bla. jadi, awalilah dengan filsafat umum dan berlanjut pada filsafat manusia selanjutnya terserah mau dibawah kemana aliran yang match dengan pengalaman. Ok!.

kami pernah mengatakan:
filsafat adalah aplikasi dari suatu program (game adven misalnya) dan bagaimana menjalankannya (memenangkannya, melintasi rintangan, dll) adalah psikologi. jadi filsafat adalan game yang seru dan membaca manusia sebagai tantangannya. INGAT! BERTANGGUNG JAWAB.
Powered By Blogger