20080413

X'PRESION DIAGNOSE


Semuanya ada batasnya termasuk batas mental. sebenernya mo pake kata kualitas mental tapi kurang pas!. ide ini kami dapat pas semester III kalo gak salah!.

batas mental ini didapat dari seseorang melalui proses belajarnya selama ini yang telah mengalami penguatan (reinforcement) dalam merespon keadaan psikologis. tentu tidak dapat dipungkiri pola didik & keadaan ikut andil mempengaruhi/mengambil dalam batas mental tertentu. untuk menunjukkan sikap mental diwujudkan dalam bentuk fisik berupa ekspresi anggota wajah khususnya & ekpreasi tubuh pada umumnya. ekpresi ini termediasi secara langsung/tidak: foto, face to face, dll.

kami membagi tiga batas yang disesuaikan dengan kualitas psikis (suasana hati). tapi ini juga sama dapat dimungkinan mengukur batas fisik seseorang dengan mengukur kekuatan terbesar (kita tentu tahu batasnya).


----------------ekstrem-----------------

------------------midle------------------

--------------------low-------------------


Ekstrem (kualitas agresif) --> marah, memukul, dll
Midle (diam) --> "nol", pas tidur
Low (kualitas regresif) --> sedih, menangis, dll

+tentu semuanya dilakukan secara tidak sadar+
+yang mempengaruhi batasan mental ini karena hasil belajar dari orang tua.entah orang tuanya melarang anaknya menagis sehingga si anak tidak bisa mengekspresikan perasaannya, dll.

Cttn. Setiap orang tentu berbeda tapi jika diambil garis lurus tentu memiliki kesamaan dalam mengekspreikan keadaannya & tentu juga kita bisa menangkap keabnormalitasan (persepsi).

Jika kita mengetahui salah satu indikasinya (ektrem/midle (kayaknya lebih sulit)/low) saja maka itu akan menetukan kedua sisi yang berbeda, misal. jika kita mengetahui/mendapati keadaan ekstrem maka kita bisa mempersepsikan keadaan midle & low.
dengan munculkan pertanyaan "Marahnya (agresif) seperti itu, kalo tersenyumnya (regresif) seperti apa yach?" dst. secara otomatis kita akan membandingkan dengan banyak orang tentang ekspresi yang ada pada subjek. sudah deh didapati/mendapati sebuah simpulan tentang orang itu baik lewat foto/langsung/dll.

silahkan dicoba aja!.
Manusia punya sisi baik & buruk coba samakan dengan temenmu, pada akhirnya akan membawa pada kesimpulan: batas mental setiap orang berbeda-beda. tentu disadari/tidak pilihan kita membawa pada sejarah nilai subjek psikologis. kayak, kenapa kamu lebih suka/tidak sama anak kecil, dll dan sebaliknya?!.


TES SUARA HATI
ini belum direkomendasikan, ide ini sejak semeter V. mungkin ini tes SQ atau mungkin EQ(kabar terakhir kami dengar dari HIMPSI gak ada yang namanya tes SQ)


Jawab aja! (ekstrim) ntar pada akhirnya tahu seberapa batas low-nya.
-Terlepas dari nilai moral dan status gendermu-
Pilih satu jawaban/subjek, siapa!
-1. Jika saya membunuh saya akan membunuh?
+2. Jika saya memperkosa saya akan memperkosa?
-3. Jika saya mencuri saya akan mencuri?
4. Jika saya menembak saya akan menembak kepala?
5. ...

setelah itu tarik garis lurus & bandingkan apa subjekmu masih lebih menderita dibandingkan dengan subjek temenmu/berita kriminal hari ini apa gak!.

kalo kamu lebih "sopan" kayaknya ortumu sayang bagetssss yach!.



Selamat Mencoba!
Hormat Kami




dentradpsy