20110207

POLA PIKIRAN NEGATIF

pada dasarnya setiap manusia mengetahui mana baik dan mana buruk.

1. REAKSI WAJAR
orang baik mengkatakan -misalnya- "aku adalah orang baik" orang baik (red. lainnya) akan merespon ini adalah hal yang wajar. orang tidak baik malah sebaliknya syirik, menganggap ri'a (sombong).Artinnya menjadi orang baik memiliki hambatan.

orang tidak baik mengkatakan "aku adalah orang baik" orang baik dengan ilmu pengetahuannya akan merespon dengan menganggap ri'a (sombong). sebagaimana orang tidak baik lainnya.Artiya hukuman bagi yang tidak baik adalah lebih besar dari orang baik dan orang tidak baik (red.lainnya).

2. DIAM
seseorang mengkatakan "aku adalah orang baik" orang baik dengan sedikit ilmu pengetahuannya akan merespon dengan diam karena tidak tahu yang mengkatakannya baik/tidak. sedang orang tidak baik syirik, menganggap ri'a (sombong).Artinnya diam ketika memiliki ilmu pengetahuan yang sedikit adalah lebih baik untuk menjaga hati.

diluar 1 & 2 adalah pola upaya pelemahan terhadap seseorang dalam konteks yang tidak proporsional. misal, mencari-cari kesalahan.
===========
negative idea pattern

basically every human detects which good and which bad.

1. natural reaction
good fellow mengkata -misalnya-" i am good fellow" good fellow (red. another) will responsive this natural matter. person not good even on the contrary polytheism, consider ri'a (proud). artin be has obstacle.

person not good mengkata" i am good fellow" good fellow with the erudition science will responsive with will consider ri'a (proud). as person not good another. mean punishment for not good bigger than good fellow and person not good (red. another).

2. quiet
somebody mengkata" i am good fellow" good fellow meagrely the erudition science will responsive mutely because will lose mengkatakan good/not. person not good polytheisming, consider ri'a (proud). mean quiet when has science a little better to watch over heart.

outdoor 1 &  2 dilution efforts pattern towards somebody in context not proportional. example, look for thoroughly error. ?

Tidak ada komentar: