20080920

KEBENARAN YANG TAK ADIL




dalam suatu proses kebenaran, kita tahu awal dan akhir
tapi kita harus tahu kenapa ada awal! karena kita merasakan akhir dari ini semua.
Karena yang kita tahu ini semua tidak dapat ditolerir. Kita sebagai manusia yang berdrajat lebih tinggi dari semua makhluk-makhlukNya, kita tidak memiliki kuasa dan kontrol atas apa yang terjadi pada semuanya, dan yang kita tahu kita merasakan akhir yang tidak jelas dari ini semua!. pertanyaan itu selalu muncul tanpa jaminan kepastian akhir yang bagaimana, dan membunuh sebagaian waktu.

dalam suatu kegelapan yang tak kunjung terang
dalam suatu sejarah yang tak terungkap
dalam suatu "pengadaan" yang tak kunjung "ada"
dalam suatu ilmu pengetahuan yang tak kunjung menemukan kebenaran

terserah apapun hasilnya!!! dan apapun siksaannya!!!
kita berjalan dilorong kehidupan dan menelusuri ini semua dengan akal yang menentukan kemana arah kebijaksanaan karena Dia menciptakannya untuk kita.

kita masih mempunyai semangat atas apa yang terjadi selama ini, semakin pula kita mampu bangkit dari keterpurukan dan mengambil hikmah atas apa yang terjadi...

hikmah adalah ketika kita tidak dapat menemukan kebenaran pada akhirnya. hikmah adalah ketika mensyukuri semua kerja keras dan perjuangan kita. dan hikmah bukanlah membiarkan segala sesuatunya berjalan begitu saja tanpa ikhtiar yang disesuaikan dengan kemampuan dan jalan yang benar...

biarkan dia bertanggungjawab atas apa yang terjadi pada dirinya.... setidaknya kita sudah berjihad.
_________________________________________________________
refleksi dari banyak teman dan orang yang kami temui yang terjebak dalam masalah! untuk menemukan keselarasan hidup dan dengan gigihnya mereka memperjuangkan apa yang ada dan beberapa diantaranya menggapai harapan melebihi apa yang diharapkannya.... Allah Maha Adil Kami yakin itu!. Pasti!.


Tidak ada komentar: